3 Cara Merawat Motor Biar Awet Dan Tahan Lama

Posted on

Cara merawat motor – Wahhh ini biasanya banyak yang nanya2 kalau masalah tentang cara merawat motor dan biasanya setiap pengalaman orang itu berbeda-beda cara merawatnya. Nah kali ini gue akan sharing tentang cara merawat motor yang bisa digunakan untuk motor honda, motor yamaha,motor suzuki maupun yang lain. Dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya adalah, bagaimana cara merawat motor yang benar, bagaimana cara merawat rantai motor biar halus suaranya, atau untuk pengguna satria f150 bagaimana cara merawat motor satria fu agar awet dan tahan lama. Nah dibawah ini gue akan jelasin dari pertanyaan diatas, dimana beberapa sumber yang saya dapat dari yahoo answer dan beberapa pengalaman pribadi maupun orang lain.

Dengan perawatan yang secara rutin, tentu akan membuat motor kalian lebih awet dan tahan lama. Mesinnya pun tetep tangguh seperti waktu baru. So apa saja yang perlu dirawat ketika memiliki motor baru, berikut caranya merawat motor baru….

Bagaimana Cara Merawat Motor Baru

merawat sepeda motor injeksi

Terkadang saat kita membeli motor baru masih ragu-ragu untuk memeriksa kendaraan tersebut, harus mulai dari mana awalnya, apakah dimulai dari segi perawat mesin ataupun dari segi body, dan terkadang untuk mengganti oli motor saja secara rutin tiap bulan masih bingung, oke lahh berikut ini tips cara merawat motor baru.

  1. Saat pembelian motor baru, untuk yang pertama kali biasanya diberikan service gratis oleh dialer 3x untuk ganti oli, patuhilah aturan tersebut agar mesin bisa awet dan tahan lama. Kemudian setelah 3x ganti oli secara gratis, lakukan ganti oli secara berkala sesuai kadar dari oli tersebut.
  2. Untuk merek jenis oli bisa disesuaikan dengan mesin yang kamu pakai, mulai dari type kencerannya ataupun kekentalannaya.
  3. Sebelum melakukan kegiatan, segeralah panasi motor kamu kurang lebih 2-5 menit, agar seluruh mesin bisa terlumasi oleh oli.
  4. Periksa bensin apakah masih atau sudah habis, jangan sampai keadaan motor kamu kehabisan bensin karena akan menyebabkan mesin cepet rusak.
  5. Cucilah motor sekurang-kurangnya 1 minggu sekali agar debu2 tidak menembel dan motor baru terlihat seperti baru yang kinclong warnanya.

Bagaimana Cara merawat motor yang benar step by step

cara mengganti oli motor

Nah setelah cara merawat motor baru kita kembali lagi ke cara merawat motor yang benar. Nah disini merupakan pembahasan yang agak detail agar motor kamu bisa awet dan tahan lama tidak cepet rusak. Merawat motor dengan baik itu adalah hal yang wajib, karena selain menjaga motor tetap awet, bisa juga motor terlihat masih baru karena dirawat dengan baik, salah satunya cat-catnya masih begitu mulus dan belum luntur warnanya. Untuk itu kamu bisa melakukan perawatan sendiri dirumah berikut caranya.

  1. Periksa Busi Motor
    Busi motor merupakan alat yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Tanpa busi motor hanya rongsokan yang tidak bisa jalan begitupun dengan bensin. Jadi caranya “cek businya kalau motor kamu sudah mencapai 10 ribu km lebih baik diganti dengan baru”.
  2. Cek Filter Kaburator
    Setiap jenis motor dari tahun ketahun berbeda jenis filternya. Untuk sekarang ada dua jenis filter yaitu filter basah dan filter kering. Untuk yang basah biasanya model motor tahun 90 hingga 2000 kamu bisa membersihkan dengan bensin lalu dilumasi sedikit oli setelahnya. Untuk yang kering tahun 2000 hingga sekarang kamu bisa semprotkan dengan kompresor maka kotoran yang ada di filter bakal hilang.
  3. Periksa Rantai dan Gear
    Rantai kendor dan gear habis ini sangat bahaya ketika kita melakukan perjalanan jauh. Jadi sebelum perjalanan jauh periksalah terlebih dahulu, jika kendor ya di kencengin dulu, jika habis gearnya bisa diganti dengan yang baru.
  4. Membersihkan Karburator
    Untuk membersihkan karburator gue saranin sih ke bengkel saja, karena orang bengkel lebih paham masalah untuk menyetel karburator.
  5. Cek Kondisi Aki
    Untuk aki motor-motor buatan tahun 2000 keatas pada umumnya sudah menggunakan aki kering yang tak perlu melakukan perawatan khusus. Tanda-tanda aki kering rusak bila kita starter sudah tidak bisa nyala berarti minta ganti baru.
  6. Panaskan Mesin Motor
    Nah terkadang saat buru-buru kita lupa untu memanaskan motor, jadi usahakan panaskan motor dulu yaa tidak butuh waktu lama kok cuman 1-2 menit saja.Fungsinya sendiri adalah agar seluruh mesin bisa terlumasi oli pada saat mesin akan dijalankan.
  7. Gunakan Spartepart Asli
    Walaupun suku cadang dari sepeda motor yang asli mahal, tapi biasanya rata-rata untuk yang sparepart asli lebih tahan lama dari pada yang kw-kw nan.
  8. Cuci Motor
    Walaupun sebagaian orang malas untuk mencuci motor, ada baiknya jika dilakukan pencucian sepeda motor berkala misal dalam satu bulan paling minimalnya 2 kali, atau 3 kali. Apa manfaatnya, agar motornya lebih bersih dan terlihat kinclong.
  9. Gunakan Oli Standart
    Untuk merawat mesin motor perlu diperhatikan juga dalam memilih oli motor, jaman sekarang beberapa orang sudah membuat replika dari produk aslinya. Jadi berhati-hatilah saat memilih oli mesin yang anda gunakan. Teliti sebelum membeli apakah oli tersebut asli atau palsu. Untuk melihat apakah oli tersebut asli atau palsu gue akan posting lain kali.
  10. Jangan Geber Motor
    Nih banyak anak muda sekarang yang suka geber-geber motor, kata mereka wajib hukumnya. Mereka tidak sadar bahwa motor yang sering digeber akan menimbulkan mesin cepet loyo, dan beberapa komponen didalamnya mungkin bisa kendor. Gue rasaain dulu pass jaman SMA, seneng bener kalau geber motor, gas motor gue embat2 sampe motor ngadat ixixixixi.

Setelah perawatan mesin selesai kita bahas sekarang cara merawat rantai motor, emang rantai perlu dirawat. yaaa perlu dong karena rantai bisa menimpulkan tidak nyaman saat dikendarai. untuk lengkapya bisa dilihat dibawah ini.

Bagaimana cara perawatan rantai biar nggak berisik

setel rantai motor

Oke langsung aja yaa cek it dot yaa.

Kalau kepingin rantai tidak berisik, tidak cepat rusak, bersih, dan awet, caranya adalah melakukan perawatan dengan baik dan benar.

  1. Jangan gunakan solar atau bensin untuk membersihkan rantai agar tidak berisik karena akan menyebabkan melar pada roller2 rantai.
  2. Gunakan zat khusus pembersih rantai seperti WD40 dan Sellys RP7 untuk membersihkan rantai dari bekas oli yang kering.
  3. Jangan pernah gunakan oli bekas ataupu yang baru untuk melumasi rantai. Karena oli bekas mengandung serpihan logam mikroskopis sehingga dapat membuat rantai cepat aus. Begitupun dengan oli baru, biar lebih aman sebaiknya gunakan zat khusus untuk permbersih rantai.
  4. Lumasi rantai khusus pelumas rantai agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan tidak mudah di tempeli kotoran, kamu juga bisa gunakan chain lube ataupun kit.
  5. Untuk menyeting rantai jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor. Untuk supaya imbang perhatikan pada posisi penunjuk di swing arm pada bagian kiri dan kanan.
  6. Perhatikan juga gear depan dan belakang, jika sudah tidak layak dipakai harap diganti dengan yang baru. Beberapa orang terjadi kecelakaan salah satu penyebabnya adalah gear yang sudah habis dan rantai yang kendor. Sehingga jika ada lubang sedikit rantai bisa keluar dari gear dan akan menyebabkan motor jadi terhenti langsung.
  7. Belilah produk yang asli atau yang berkualistas. Merk yang tidak terpercaya bisa menyebabkan resiko besar akan kualitas yang rendah. Dan hati-hati jika membelinya walaupun asli terkadang orang-orang suka memalsukan barang tersebut.

Kesimpulan

Oke deh nah selesai sudah beberapa Tips merawat mesin agar awet, kamu bisa lakukan sendiri ataupun bisa minta bantuan di bengkel terdekat di kotamu. Cara merawat motor diatas bisa juga dilakukan untuk jenis motor matic ataupun merk motor lainnya seperti yamaha, honda, suzuki, dan kawasaki. Semoga bermanfaat yaaa