7 Fakta Menarik di Suzuki GSX-R150

Posted on

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ingin memperlihatkan memperlikan 2 motorsport terbarunya yaitu dengan meluncurkan GSX-R150 (Racing) dan GSX-S (Street Sport).

Dengan hadirnya  GSX-150 Series ini menjadikan penjualan suzuki cukup meningkat tajam, walau sudah kita ketahui bawah Honda, Kawasaki, dan Yamaha merupakan pabrikan dari jepang namun Suzuki ingin menunjukan motorsport terbaik dikelas 150.

Berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke dealer) Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sepanjang 2016, Honda telah menjual total motor sportnya hingga 318.003 unit, disusul Yamaha sebanyak 225.280 unit, dan Kawasaki mencapai 97.506 unit.

Sedangkan Suzuki sendiri hanya menyumbangkan 1.651 unit. Jelas angka ini cukup sedikit dibandingkan yang lainnya.

5 Fakta Menarik di Suzuki GSX-R150

Tenaga

Motor ini memiliki tenaga paling besar dikelasnya, yaitu mencapai 19,17 dk. Sedangkan Honda CBR150R dan Yamaha R15 kedunya hanya mencatatkan 17,1 dk dan 16,6 dk.

Untuk urusan performa yang tinggi, Suzuki pun mendesain radiator lebih besar. Tentunya hal tersebut dibuat agar lebih cepat mendinginkan mesin.

Bobot

Suzuki GSX-R150 paling ringan di kelasnya dengan bobot 126 kg. Lain halnya dengan Honda CBR150R dan Yamaha R15 masing-masing sebesar 135 kg dan 136 kg.

Dengan bobot yang ringan, tentu saja jika dipacu dengan tenaga yang besar, motor pun mampu mencapai akselerasi dengan cepat.

Fitur khusus

Suzuki GSX-R150 ini memilik fitur yang diklaim cukup menarik dan berbeda, yaitu Suzuki Easy Start System yang atau yang disebut dengan ‘One Push Starter‘.

Fungsi fitur ini memudahkan pengendara ketika menyalakan mesin motor. Hanya cukup memencet tombol starter, maka mesin akan langsung menyala.

Keyless Ignition Key

Fitur ini membuat pemilik tak harus memakai kunci konvensional beserta lubang kuncinya. Teknologi tanpa anak kunci (keyless), alias hanya menggunakan remote.

Cara kerjanya cukup mudah, pemilik motor hanya perlu memutar pada bagian kontak, maka mesin akan menyala jika remote berada di dekat motor.

Selain itu, remote ini juga berfungsi sebagai alarm answer-back dan immobilizer.

Speedometer LCD Full Digital

Dengan tampilan panel digital dengan layar LCD, hal iut memudahkan untuk membaca informasi mengenai kecepatan, posisi transmisi gigi, indikator bahan bakar, dan jam.

 

Setang Under Yoke

Dengan stang model under yoke atau di bawah segitiga, ditambah joknya dirancang terpisah dan bertingkat, maka memberikan sensasi layaknya motor balap.

 

 

Harga

Jika Honda CBR150R dan Yamaha R15 dijual dengan banderol di atas Rp 30 juta, namun untuk GSX-R ini hanya dilego Rp 29 juta dengan status on the road Jakarta.

Sebelum resmi meluncur, Suzuki memberikan promo menarik, dimana harga GSX-150 Series dijual dengan harga Rp 27,9 (tipe R150)juta dan Rp 23,9 juta (tipe S150).