Kumpulan Tanya Jawab Seputar Satria Fu di Yahoo Answer

Posted on

Satria Fu di Yahoo Answer – Nah gue kali ini ingin kumpulin nih pertanyaan-pertanyaan dari grub yahoo answer tentang satria fu. Nah kalau kamu mengalami permasalahan / kerusakan pada satria fu dan permasalahanmu sama maka bisa ditemukan jawabannya dibawah ini, atau bisa tanyakan langsung pada grub yahoo answer..  Nanti akan ada beberapa orang yang sudah berpengalaman menggunakan satria fu dan menjawab pertanyaan kamu. So langsung saja yaa berikut ini kita lihat tentang pertanyaan-pertanyaan seputar satria fu.

Apa sih yang harus di ganti supaya akselarasi satria fu jadi mantap,,?

Jawaban 1
Ni pndpt gw y..
FU lbh baek gk ganti cdi, cz limiter rpm’y dah d set pd rpm tinggi (10500rpm) jd gk prlu dUnlimit lg.. Wat timing pengapian cdi std’y dah smpurna wat harian tuh.. Lgan klw pke cdi racing.. Gk ngaruh k torsi..

Gw lbh prefer, pke ban tipis, kyk mizzle vtx. Dan pke knalpot racing.. Djamin muntahan tnga’y jd lbh klwr..
Yg kudu dInget, spuyer kdu nyesuain dr desain knalpot..

Klw dah it bru gdein venturi karbu jd 28.. Mrek keihin dah mayan.. Tp siap2 aj sering mampir k spbu..

Ganti plat kopling’y k pny raider-150.. Wat naekin torsi, cz pny raider lbh tebel

Jawaban 2
tambahan saja…
pake karbu NSR SP jadi tambah mantap deh

Apa boleh motor satria fu pakai premium?
Aku beli satria fu dari baru thn 2009 selalu aq isi premium tdk pernah pakai pertamax uda mau 4 tahun berjalan kok mesin tetap baik2 saja tdk ada masalah
kok aneh apa kalian bisa menjelaskan?

Jawaban 1
Karena kompresi satria fu adalah 10,2:1 , kompresi dengan angka segitu sudah harus pakai BBM dengan oktan minimal 92, yaitu pertamax atau shell super.

Lalu kenapa mas bro pakai premium selama 4 tahun berjalan tapi mesin baik2 saja?
Itu karena timing pengapian di CDInya telah disesuaikan agar mampu menenggak premium.timingnya telah diatur agar premium tak habis terbakar sebelum mencapai TMA.

Apa dampak pakai premium disatria fu?
Memang CDI satria fu telah dirancang untuk bisa menenggak premium tapi bukan berarti tak ada efek sampingnya. Memakai premium di satria fu akan berefek pada pencapaian tenaga yang tak sebaik bila memakai pertamax, biasanya pemilik satria f yang speedlover bakalan cepat merasakan perbedaannya karena memang pada hasil dyno ada perbedaan.
Yang kedua adalah panas. memakai premium di satria f itu membuat mesin jadi lebih panas karena campuran BBM dengan udara di TMA hanya sedikit sehingga terasa panas karena kering. Pakai pertamax juga tetap panas tapi bedanya adalah panasnya itu karena hasil pembakaran yang baik yang berujung dengan peningkatan tenaga yang baik. contoh gampangnya pembandingannya seperti panas saat suhu lingkungan diatas 30 derajat celcius dengan panas dari kompor yang apinya besar.
Ketiga, kondisi ruang bakar akan lebih kotor daripada pakai pertamax karena pada premium tak ada “pembersih” yang berguna untuk mengangkat sisa carbon yang menempel pada part diruang bakar.

Kesimpulannya?
Pakai premium disatria f boleh2 saja asalkan mau menerima konsekuensinya. Biasanya yang ga mau terima konsekuensinya itu yang speedlover. kalo yang hanya pemakaian biasa, masih mau terima konsekuensinya.

Dari luar memang tak ada masalah tapi coba lihat dalemannya. ibaratnya ente melihat manusia berjalan seperti tak ada masalah(ga sakit maksudnya) tapi itu belum tentu karena bisa saja itu manusia mengidap suatu penyakit.

Jawaban 2
Gini loh,pertamax itu lebih bagus/lebih tinggi kadar oktan nya daripada premium…makanya wajar alo pertamax lebih mahal daripada premium.efek ke mesin pun juga gitu,alo misal pakai premium mesin anda bisa awet sampe 4 tahun,alo pake pertamax bisa lebih dari itu

Mudik pake satria fu apa saja yang perlu dibawa?

Jawaban 1
– bawa perlengkapan cadangan :
1. busi
2. obeng dan teman2nya

– cek kondisi bagian sensitif :
1. ban jgn sampai botak
2. oli kalo perlu ganti biar enak di bawa
3. cek rantai.. jangan kendor dan haus
4. cek baut2 jgn ada yg kendor
5. kapas rem, kopling, oli rem
6. cek aki, lampu depan, sen, klakson
8. jas hujan

– sekedar tambahan aja.. klo perlu servis motor, kuras bensin ganti pertamax or shell..

semoga membantu 🙂

Jawaban 2
bawa kabel kopling cadangan.

Bagaimana Cara membersihkan kabel kopling satria fu dan mengetahui kalau koplingnya udh kotor gmna?

Kabel kopling merupakan salah satu komponen vital pada Satria F150 yang menggunakan kopling manual. Kabek kopling satria FU terkenal paling sering putus, paling sering seret, Entah Kenapa..!!. Pengalaman pribadi bgt nich putus kopling berulang2..udah gitu mahal pula harga sparepart ori-nyaPemeliharaan rutin pun wajib banget kalo temen2 ga mau kesulitan dijalan.

berikut ini tips dan triks-nya dalam melakukan ritual pemeliharaan kabel kopling Satria F150.

1. Luruskan lubang pada sela pengatur kopling hingga rata. Usahakan stang pada posisi belok kanan. Jangan lupa berikan lap alas supaya tidak mengotori bagian lain.
2. Masukan selang pembersih dan pelumas WD40 atau cairan sejenis, tepat pada drat kopling yang tlah diluruskan tadi.
3. Setelah selangnya masuk, semprotkan WD40. Gunakan tangan satunya untuk memegang kopling dan memposisikan supaya cairan tadi masuk ke dalam. Lakukan trik ini berulang hingga Anda merasa puas
4. Setelah dianggap cukup, kembalikan posisi setelan kopling sesuai selera dan kenyamanan jari-jari Anda. Usahakan sela lubang kopling tadi tidak menghadap ke depan atau atas untuk mengurangi masuknya debu ke dalam kabel kopling yang akan membuat berat kopling (dianjurkan ke bawah atau ke belakang)
5. Tunggu beberapa jam hingga cairan pembersih tadi mengalir dari atas hingga bawah. Dan lihatlah pada bagian ujung kupling…. jreng…. terlihat kotoran yang ikut larut dalam cairan pembersih yang Anda semprotkan. Jika blm terlihat cairan keluar dari lubang kopling, lakukan kembali langkah no 3.
6. Bagusnya sich langkah no 1 – 5 dilakukan pada malam hari, saat motor istirahat, dan tunggu hasilnya pada keesokan harinya.
7. Dan terakhir jangan lupa nich…biasanya gue sering kelupaan nich..puter arah setelan kopling yang dibawah itu searah jarum jam. Sampe mentok yach..

Semoga membantu si kabel kopling untuk dapat memberikan unjuk kerja yang optimal.

Kenapa rantai Satria Fu Bunyi tok..tok..tok?

Jawaban 1
Nggak bahaya kok gan, Satria Fu ane juga kayak gitu kalo lagi di dorong memang bersuara tok, tok, tok, Temen ane yang punya satria fu sama juga kayak gitu. Emang semua motor satria fu begitu. Itu normal kok gan, rante motor ane selalu ane kasih oli rante ; kit chain lube dan selalu ane bersihin setiap 1 minggu. Jadi nggak ada alasan, suara itu karena rante nggak di rawat atau rante mau putus. suara itu di karenakan adanya sensor kecepatan pada gear depan satria fu. Kalo agan nggak percaya, coba agan tengok di sebelah kiri mesin, dekat di sebelah tuas gigi preseneling, atau penutup gear depan yang terbuat dari plastik, pasti di situ ada kabel penghubung untuk menghubungkan sensor kecepatan. Jadi nggak perlu ada yang di khawatirkan. Semoga membantu. Salam SSFC.

Jawaban 2
itu normal gan, rata” motor MONO SHOCK gitu, karena rantainya panjang jadi nempel di Swing arm dan punya satria FU itu Karet di swing arm yang buat nopang rantai itu agak keras

Jawaban 3
Sudah umum Fu gue juga bunyi ky gitu kl jln pelan tp gw ttp pede gile soalnya,,beda dr motor lainya klotok klotok udah khas fu

Cara Menghilangkan bunyi ngiklik di mesin satria fu?

Jawaban 1
bunyi tuh dari rantai kamrat or klep..
klep ada 4, klo ketuker magnet penutup bsa tmbah bunyi klep’y.. dealer jga angkat tangan.. guw udh habis bnyak n pnyakit gak smbuh2..
klo hujan or dicuci bsa susah hidup or mati sndiri..

gwe pnya satria fu, tpi skrang udh dijual..
gak nahan bunyi n dorong euyyy klo mogokk

dnger2 satria fu yg bgus thun 2006, klo thu 2007 mpe 2011 msin kurang bagus..

Jawaban 2
coba motornya di minuminya pake pertamak

Bagaimana cara merawat motor satria fu nihh biar awet dan nggak cepet rusak..?

Merawat satria FU persi Ane.
1. Ganti oli secara rutin, dan pake oli yg kualitas bagus, sesuai standar (oli rekomendasi BM1 atau Shell advan, kalau pengen lbh bagus pake Shell advance ultra).
2. Ganti filter oli dgn rutin lbh bagus tiap ganti oli ganti jg filternya.
3. Setiap ganti oli kuras dan bersihkan jg oil coolernya(pendingin oli) karena di situ kotoran bekas gesekan dari mesin cukup banyak.
4. Cek air aki, kalau udah berkurang segera tambah.
5. Bersihkan karburator.
6. Gunakan bahan bakar yg nilai oktannya tinggi (pertamax,pertamax plus atau shell super).
7. Jangan sering2 menyetel klep, karena bikin mur dan baut cepet aus.
8. Jangan mengendarai motor terlalu pelan dlm jangka yg lama, karena mesin akan cepet panas dan bebannya berat.
9. Jangan membawa beban terlalu berat.
10. Lumasi rantai secara rutin.
11. Sekedar tips : kalau sering di pake berkendara di area yg super macet, saya saranin pasang kipas pendingin di bagian belakang oil cooler, tujuannya agar temperatur mesin tetap stabil walaupun posisi macet. Kipas pake yg tahan air dan pasang tombol on/off, jd nyalakan pd saat macet aja.

Bagaimana Kualitas satria fu 150?

Jawaban 1
gan ane kasih sedikit yang ane tau nech,
kwlitas mesin dari pabrikan untuk suzuki sangat bagus, nah sekarang tinggal kita aja yang make nya….kalo kita make tu motor sesuai pedoman tentu tu motor bakalan baik, tapi kalo make nya ugal2 lan…ya paling juga 2 – 3 tahun tu motor masuk rumah sakit ( turun mesin ) or minta ganti part yang ini, yang itu….bukanya memuji suzuki tapi begitulah adanya. Motor ane suzuki satria FU 150 wuih…..muantap gan tarikannya. gak kalh ama motor2 gede ( moge ) jadi kalo sampean pilih satria fu 150 gak salah gan…ane ndukung….dan perawatannya pun gampang…oke bro!!!

Jawaban 2
setahu gw satria fu tu
1. ok buat nongkrong
2. gampang baut balap drag
3. perawatan yg gampang
4. pling bgus d clas bebek 4T

Bagaimana caranya supaya satria fu gak cepat panas?

Jawaban 1
Saya juga pengguna satria fu dan memang banyak teman2 sesama pemakai satria fu yang mengeluhkan hal yang sama.

Sebenarnya pengertian tiap orang mengenai hal ini berbeda2. Saya pribadi selama mesin tidak overheating, bagi saya tidak apa2.
Karena saya juga merasakan kalau macet panas mesin sampai terasa ke kaki (leg shield saya copot).
Dan saya pun pernah mengalami mesin overheat sampai mogok pada saat macet yang sangat parah. Setelah ditunggu sekitar 20 menitan baru mesin bisa nyala lagi.

Beberapa teman pemakai satria fu mengakalinya dengan memasang fan pada oil cooler. Anda bisa mencarinya di toko2 variasi motor. Atau jika tidak menemukan bisa menggunakan fan untuk prosesor komputer.

Jawaban 2
Fu msinnya sudah menggunakan DOHC, 150 CC pula. dimana tenaga yang dimuntahkan tuh segede gaban. otomatis Ruang bakarnya bakalan Jauuh Lebih panas. sayangnya pihak pabrikan masih menerapkan SACS (Suzuki Advanced Cooling System) yang berbasis dengan jet Cooled. sedangkan Jupie MX aja yang kapasitas mesinnya 135 dengan SOHC sudah menggunakan liquid Cooler.

apalagi tenaga FU barU bener2 Greng, ketika pake “aer minum” beroktan Tinggi.
seperti yang kita tahu, Bahan Bakar dengan Oktan TinggI tuh menyebabkan mesin Cepet panas. jadi gak heranlah mesin Fu cepet panas. Udah Jet CooLEr, minumnya pertamax pula.

salah satu cara yang cukup efektif itu dengan menggunakan Oli yang enceR Bro a.k.a viskOsitasnya tinggi. contohnya Shell Advance VSX. yang dibanderol dengan harga 43 Rebu. dijamin mesin gak cepet panas deh, walau lo pake pertamax Plus skalipun.

yang kedua yah bener, buka fairing, jadi aliran udara makin lancar, sehinga kinerja SACS jadi lebih yahUd.

yang ketiga bagian intercooler Musi diruBah.

sekiAn tIps dari saya., smoga membantu bro.

Bagaimana cara menghilangkan getaran pada satria fu?

Getaran pada motor Satria FU sama dengan getaran pada motor-motor gede sejenis tiger, mega pro, dan sejenisnya. Hal ini disebabkan oleh besarnya kapasitas mesin dan juga dudukan blok mesin yang tegak sehingga getarannya sangat terasa, berbeda dengan motor bebek biasa yang dudukan blok mesinnya mendatar. Hal ini lumrah terjadi pada motor dengan CC besar dan blok mesin tegak tadi, tidak ada masalah dengan motor anda. Jika anda merasa terganggu dengan getaran mesinnya, anda tidak perlu mengutak atik motor anda apalagi memodifnya karna hanya akan menguras uang dan juga performa motor anda menurun. Cara paling simpel adalah menggunakan oli berkualitas bagus (sejenis oli amerika yang pernah dijual lewat iklan di TV saya lupa namanya apa) dan menggunakan bensin oktan tinggi (pertamax)

Mesin Satria FU Bunyi Tek-Tek

Jawaban 1
Kemungkinan tensioner udah gk bagus atau rantai keteng kendor.
Coba setel tensionernya.
Klo gk hilang jg tu bunyi, udah saatnya ganti rantai keteng mas bro.
Usahakan jg tu motor jangan di setel hemat.

Jawaban 2
motor ane satria f 2005, beli second motor jarang bgt dipake, waktu pertama kali juga bunyi tek tek tek kaya mesin jahit, biarpun udh panas ttp aja itu bunyi kga bisa ilang, tatikan sih masih tokcer, langsung gua bawa k suzuki, turun mesin sebelah, ternyata transionernya aja udh retak2 dikit, maklum 8 tahun, transionerkan bahannya kaya dr plastik gitu, wajarlah udh ga layak pakai, tapi seher noken ass, klep, semuanya masih mulus bgt kaya baru, no lecet sedikitpun, nah kan gua bingung, ini motor udh 8 thn ko masih mulus bgt jeroannya, kata mekanik suzukinya ini motor ga pernah bongkaran n jarang d pake, jd masih mulus ga ada masalah, setelah ganti transmisioner, ilang dah itu suara, mungkin yg agan cuma setelan transionernya doank, kemungkinan rusak sih kecil, karna motor baru kan, soalnya kata mekaniknya itu transmisioner emng kekurangan satria fu tahun2 skrg, jd butuh disetel aja, atau mungkin karna packingnya yg cuma selembar, kan harusnya tiga, kata mekaniknya juga sih ya, gua jg ga ngerti apa apa, itu pakingan biarpun tipis bgt, kalo agan jdiin cuma selembar, ngefek bgt emng ama kecepatannya, tp nasalahnya ntu seher bisa beradu karna kurang jarak biarpun ga ampe atu milimeter, sayang tsehernya bisa rusak tuh atau bengkok kali kalo ga salah, jd sayanglah gan ma tu mesin motor agan, mungkin jg itu suara dr seher yg beradu, ya ga tau sih gan, gua jg ga ngerti apa2, hhe ..
emng mau kmn gan kebut2n, motor ane standaran smua jg kebut ko, kata mekaniknya cuma butuh bobok knalpot doank biar lebih lepas tuh larinya, hhe .

Oke deh mungkin sampai sekian dulu yaa. lain kali gue tambah lagi..