Test Top speed, Handling, Performa, Tranmisi Suzuki GSX R150 di Sentul

Posted on

Test Ride Suzuki GSX R150 di Sentul – Alhamdulillah, setelah sekian lama menunggu tanggal test ride gsx r150, hari ini  tanggal 26 januari 2017 tercapai juga di sirkuit sentul.

Kurang lebih untuk test ride kali ini dihadiri dari beberapa blogger, media dan motovlogger. Suasana yang agak sedikit mendung namun tak menghentikan niat untuk menjajal gsx r150 di sentul.

Test ride pertama dilakukan oleh media, kemudian para motovlogger dan terakhir adalah para blogger.

Yup gue sendiri masuk grub b untuk sesi test ride gsx r150 ini bersama rombongan para blogger yang paling hits se indonesia.

Oke langsung saja ya gan, kesan-kesan saya setelah merasakan dan menjajal gsx r150 ini di sirkuit sentul international.

Power gsx r150

Secara menyeluruh cukup merasakan sedikit perbedaan dengan satria fu injeksi, mungkin dikarenakan suzuki gsx r150 ini menggunakan 10 hole injektor, sedangkan satria fu injeksi hanya 8 hole injektor.

Power yang tertulis di atas kertas 19.17 hp(horsepower) memang masih terasa pada pergantian gigi 1, 2, 3, 4, 5 sedangkan di gigi 6 power sudah mulai kendor. Saat melaju dengan kecepatan 140km/jam di gigi 5 masih cukup merasakan tarikan walupun memang sedikit.

Tarikan pertama memang agak kurang njengat tapi power cukup dirasakan setelah gigi 2, 3 dan 4. So ini motor memang power di tengah dan atas.

Untuk merasakan power yang stabil bocorannya adalah kalian bisa main betot gass di putaran 11.000-11.500 rpm. Nah disitu pasti akan mendapatkan kecepatan yang maximal.

Torsi gsx r150

Mencoba betot-betot gass di rpm 5000-11.000 cukup lumayan ada hentakan yang bikin deg-deg ser, mulai dari memasukan gigi 1 hingga gigi 3, motor gsx r150 ini masih bisa njengat-njengat dengan rpm antara 10000-11500 an.

Bisa jadi karena bobotnya cukup ringan, untuk berat kosongnya sendiri hanya 126kg, ya wajar motor ini disebut orang-orang motor kencang..

Menurut gue gsx r150 ini cocok untuk yang suka dengan dunia balap atau buat jalan-jalan yang nggak jauh-jauh banget hingga ribuan kilometer, gsx r150 ini kalau di pakai touring mungkin agak sedikit kurang nyaman.

Top speed gsx r150

Saat trek lurus di sentul all new gsx r150 yang gue kendarai ini hanya mampu menyentuh top speed 140km/jam, mungkin karena kurang jago nikung-nikung dan baru pertama masuk arena sentul.

Selain itu top speed gsx 150 paling cepat di kendarai oleh media otomotifnet yang mencapai 148km/jam, motorplus 145km/jam kemudian dari beberapa blogger seperti kobayogas meraih top speed 146km/jam, tmcblog meraih 140km/jam, dan iwanbanaran top speed 142km/jam.

Saat melaju dengan kecepatan 140km/jam motor tetap dalam keadaan imbang dan tidak melayang-layang. Mungkin ada yang bertanya, kalau diadu gsx r150 vs yamaha r15 v3 2017 bakal menang mana.

Hayoo tebakkk?

Kemaren gue sempat tanya dengan tmcblog.com, dengan bobot kurang dari 50kg, top speed all new yamaha r15 v3 2017 ini mampu meraih kecepatan di angka 142km/jam. Namun disitu saya juga belum tanya apakah sudah menggunakan tranmisi 6 dan di putaran rpm berapa.

Jadi soal top speed kayaknya memang beda-beda dikit deh antara gsx r150 vs yamaha r15 v3 2017.

Handling gsx r150

Soal handling gsx r150 ini nyaman karena rangka yang digunakan cukup enteng dan stabil. Gue mencoba nikung-nikung dikit ditrak sentul cukup kece juga, pokoknya enak deh.

Selain lincah dan gesit bisa jadi dipengaruhi oleh ban yang digunakan. Saat di sirkuit sentul ban yang digunakan adalah ban slick atau sering disebut ban balap buat nikung-nikung.

Mesin gsx r150

Mesinnya nggak beda jauh dengan karakter satria fu injeksi, raungan 13.000 rpm ciri khas banget melengking. Namun untuk mesin gsx r150 ini sepertinya limiternya agak kurang dirasakan.

Biasanya suara mesin terdengar agak tersendat-sendat gitu, namun untuk gsx r150 ini tidak tersendat-sendat, mesin gsx r150 ini seperti gelombang raungannnya.

Suaranya mesin gsx r 150 ini menurut gue cukup alus dan lembut walaupun di gass pool mentok tetep aja suaranya enak di nikmati.. Cobaa ajaa..

Dengan menggunakan mesin dohc yang katanya superior tampaknya suzuki indonesia menjadikan motor gsx r150 ini menjadi motor tercepat dikelas 150cc.

Radiator gsx r150

Walaupun digunakan beberapa kali putaran, baik media, blogger, dan team SAC, suzuki gsx r150 ini tampaknya masih dingin-dingin aja.

Mungkin ini dipengaruhi oleh radiator yang besar, sehingga bisa meminimalisir panas.

Sebelumnya gsx r150 ini pertama digunakan oleh rekan-rekan media, kemudian para motovlogger indonesia, nah disusul dengan para blogger dan yang terakhir para pembalap SAC.

Rem gsx r150

Rem depan dan belang suzuki gsx r150 ini cukup pakem, bisa jadi karena piringan yang lebar dan menggunakan 2 piston. Saat melaju dengan top speed tinggi gue langsung rem alhasil rem berfungsi dengan baik tidak langsung ngepot ataupun slik.

Cakramnya tidak langsung mengunci namun pelan-pelan menghentikan putaran ban, mungkin jika dibandingkan dengan teknologi abs perbandingan kurang lebih 7:12

Kenyamanan gsx r150

Dari segi ergonomi gsx r150 ini cukup nyaman kok, nggak pegel-pegel banget antara stang depan dengan joknya posisinya pass banget mungkin suzuki sudah mengukur dan mendesain agar lebih nyaman walaupun ini motorsport.

Suspensi gsx r150

Suspensinya agak keras, beda banget dengan suspensi satria fu injeksi yang lebih lembut dan lentur. Bisa jadi untuk menstabilkan kecepatan atau yang lainnya entahlah.

Suspensi gsx r150 ini tergolong suspensi yang aneh, kenapa aneh.. karena walaupun keras tapi tetap  merasa empuk.

Transmisi gsx r150

Perpindahan gigi gsx r150 ini cukup ringan, koplingnya juga empuk tidak keras hanya menggerakan 1 jari saja sudah bisa untuk mengkopling.

Namun setelah selesai test ride gsx r150 ini, gue langsung menuju sirkuit untuk melihat para blogger lain mengendarainya seruu banget liat para blogger nikung-nikung di sirkuit sentul.

Nah saat blogger lain nikung kemudian masuk track lurus di sentul terdengar dari jarak 10 meteran transmisi gigi terdengan agak keras, bisa jadi blogger yang mengendarai gsx r150 ini kurang menekan kopling sehingga saat pergantian tranmisi menimbulkan bunyi yang kurang enak, atau betotan gas yang tidak pass.

Desain gsx r150

Soal desain semua tergantung selera, dulunya sih gue liat ini motor kok aneh yaa, jelek, cungkring dan lain-lain. Namun setelah melihat di sentul semakin dilihat kok keren juga yaa..

Secara desain memang kalau dilihat dari foto biasa saja, tapi setelah melihat secara langsung pasti kalian juga jatuh cinta padanya.

Ada yang mau ditanyakan?

Nah mungkin segitu dulu test ride all new suzuki gsx r150 disentul, selebihnya jika ada teman-teman yang ingin memberikan tambahan atau pendapat lain silahkan komen-komen dibawah ini.